Kamis, 03 Mei 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Nama Sekolah           : SDN Kampung Parang
Mata Pelajaran          : Tematik
Tema                          : Hidup Hemat
Kelas/Semester          : II/I
Alokasi Waktu           : 2 x 53 Menit


I.       STANDAR KOMPETENSI

Ø  PKn                             : Memahami tentang hidup hemat.
Ø  IPS                              : Memahami tentang benda berharga.
Ø  MATEMATIKA         : Memahami tentang lambang bilangan.
Ø  IPA                             : Memahami tentang wujud benda.

II.    KOMPETENSI DASAR

Ø  PKn                             : Mengetahui tentang hidup hemat.
Ø  IPS                              : Memelihara koleksi benda berharga.
Ø  MATEMATIKA         : Mengetahui tentang lambang bilangan.
Ø  IPA                             : Mengidentifikasi berbagai wujud benda.


III.   INDIKATOR
Ø  PKn
*      Kognitif
Proses
Menjelaskan pentingnya hidup hemat.
Produk
Memberikan contoh perilaku hidup hemat.

*      Afektif
Bekerjasama dalam menceritakan pelaksanaan hidup hemat ( misalnya menghemat listrik, alat tulis, uang dll).

*      Psikomotorik
Terampil menceritakan pengalaman tentang hidup hemat.

Ø  IPS
*      Kognitif
Proses
Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
Produk
Menyebutkan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
*      Afektif
Bekerjasama dalam menyebutkan macam-macan benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
*      Psikomotorik
Terampil menyebutkan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.

Ø  MATEMATIKA
*      Kognitif
Proses
Memberikan contoh lambang bilangan dengan benar.
Produk
Menuliskan contoh lambang bilangan dengan benar.
*      Afektif
Bekerjasama dalam menuliskan  lambang bilangan dengan benar.
*      Psikomotorik
Terampil menuliskan lambang bilangan dengan benar.

Ø  IPA
*      Kognitif
Proses
Menjelaskan berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair).
Produk
Memberikan contoh benda padat dan benda cair.
*      Afektif
Bekerja sama dalam memberikan contoh benda padat dan benda cair.
*      Psikomotorik
Terampil membedakan antara benda padat dan benda cair.

VI.TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø  PKn
*      Kognitif
Proses
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pentingnya hidup hemat.
Produk
Siswa dapat memberi contoh perilaku hidup hemat.
*      Afektif
Siswa saling bekerjasama dalam menceritakan pelaksanaan hidup hemat ( misalnya menghemat listrik, alat tulis, uang dll).
*      Psikomotorik
Siswa terampil menceritakan pengalaman tentang hidup hemat.


Ø  IPS
*      Kognitif
Proses
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
Produk
Siswa dapat menyebutkan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
*      Afektif
Bekerjasama dalam menyebutkan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
*      Psikomotorik
Terampil menyebutkan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.

Ø  MATEMATIKA
*      Kognitif
Proses
Menulis lambang bilangan dengan benar.
Produk
Memberikan contoh lambang bilangan.
*      Afektif
Bekerja sama dalam menuliskan  lambang bilangan dengan benar.
*      Psikomotorik
Terampil menuliskan lambang bilangan dengan benar.

Ø  IPA
*      Kognitif
Proses
Menjelaskan berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair).
Produk
Memberikan contoh benda padat dan benda cair.
*      Afektif
Bekerja sama dalam memberikan contoh benda padat dan benda cair.
*      Psikomotorik
Terampil membedakan antara benda padat dan benda cair.

V. MATERI POKOK
Ø  PKn                 : Pentingnya Hidup Hemat
Ø  IPS                  : Memelihara Benda Berharga
Ø  Matematika     : Lambang Bilangan.
Ø  IPA                 : Wujud Benda

VI. MODEL PEMBELAJARAN
·         Kooperatif Tipe STAD

VII. METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Penugasan

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMEBELAJARAN

Fase
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
Murid
I
Kegiatan Awal
10


·         Berdo’a
·         Mengabsen
·         Apersepsi
·         Menyanyikan lagu ”Bang Bing Bung”
·         Menginformasikan tema yang akan dipelajari.

klasikal
II
Kegiatan Inti
45


·         Guru menyampaikan materi pelajaran dengan media gambar.
·         Bertanya jawab apakah siswa memiliki tabungan.

klasikal
III
·         Guru membentuk kelompok yang beranggotakan ± 4 orang secara heterogen berdasarkan prestasi akademik.

kelompok
IV
·         Guru menugaskan siswa secara bergiliran meyampaikan hasil disukusi dengan teman kelompoknya secara individual.

individu
V
·         Guru memberikan penjelasan tentang materi yang belum dimengerti oleh murid.

klasikal

Kegiatan Akhir
15

VI
·         Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman materi (kesimpulan).
·         Pesan-pesan moral
·         Salam

klasikal


VIII. ALAT DAN SUMBER

Ø  Alat
·         Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, celengan,dsb).
Ø  Sumber
·         Buku PKn kelas II SD
·         Buku IPS kelas II SD
·         Buku Matematika kelas II SD
·         Buku IPA kelas II.

IX. PENILAIAN
Ø  Teknik : tes dan unjuk kerja
Ø  Bentuk : tes uraian

Pertanyaan

1.      Jelaskan pentingnya hidup hemat!
2.      Berikanlah contoh perilaku hidup hemat!
3.      Sebutkan  macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat!
4.      Tuliskan lambang bilangan uang Rp. 500, Rp. 1000 dan Rp. 1500 dengan benar!
5.      Tuliskan 2 contoh benda padat dan benda cair!

Jawaban

1.      Berhati-hati dalam membelanjakan uang, tidak boros dan cermat.

2. Contoh perilaku hidup hemat yaitu:
·         Menyisihkan sebagian uang jajan
·         Memakai peralatan sekolah dengan seperlunya seperti: pensil, buku, pulpen, dll.
·         Menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan tidak berlebihan.

3.      Celengan, kaleng bekas, dompet dll.

4.       - Rp. 500 = lima ratus rupiah
 - Rp. 1000 = seribu rupiah
 - Rp. 1500 = seribu lima ratus rupiah.

5. Benda padat
·         Celengan
·         Kaleng
Benda Cair
·         Air
·         Tinta





a.      Rubrik penilaian

Bentuk Soal
No. soal
Skor

Tes tertulis

1
2
3
4
5
20
10
20
20
30
Jumlah
5
100

b.      Rumus  Nilai Akhir

N A =
X  100
      Jumlah skor perolehan      

                  Jumlah skor maksimal


Makassar,   November 2011     
                                                                                                           
                                                                                                            Guru Kelas
                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                                                                        NURSYAMSI
                                                                                                            NIM: 10540 1543 08

















manfaat hidup hemat

Tujuan: 
anak dapat mengerti arti dari hidup hemat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Petunjuk: 
simak bacaan dibawah ini lalu pilihlah jawaban dengan tepat!

lola adalah anak dari keluarga sederhana. ia adalah seorang anak yang rajin, setiap hari ia membantu ibunya membuat kue untuk dijual di pasar. ibunya adalah orangtua tunggal, ayah lola telah lama meninggal karena sakit. ibu lola bekerja keras untuk menghidupi dan membiayai sekolah anak-anaknya.
            setiap berangkat ke sekolah ibu selalu memberikan uang jajan, terkadang ibu memberikan uang jajan lebih jika kuenya habis terjual. uang jajan yang diterima oleh lola tidak semua dihabiskan. sebagian lola sisihkan untuk ditabung, sebagian lagi ia gunakan untuk keperluan sekolah. 
            saat lola pulang sekolah, tiba-tiba adik lola, eka, datang meminta agar lola membelikan baju sekolah yang baru, karena baju yang lama telah usang dan sempit bila dipakai. karena sayang pada adiknya, lola akhirnya berjanji pada eka untuk sesegera mungkin membelikan eka baju baru. lola ingin sekali bilang pada ibunya, tetapi ia urungkan niatnya itu karena beban ibunya sudah cukup berat. lola tidak ingin menambah beban ibunya.
            setiap hari eka selalu menagih janji kakaknya untuk membelikan baju baru. karena didesak oleh adiknya maka lola merelakan uang tabungannya untuk membelikan seragam baru.  lola memecahkan celengan yang telah ia tabung setiap hari.  lalu lolapun menghitung berapa banyak uang yang terkumpul di celengannya itu dan ternyata uangnya lebih dari cukup. Ia kemudian mengambil sebagian uang tabungannya untuk membelikan baju adiknya. selebihnya ia tabung kembali bila sewaktu-waktu dibutuhkan.
 lola merasa senang karena ia dapat memenuhi keinginan adiknya untuk membeli seragam baru tanpa harus menyusahkan ibunya. iapun membatin dalam hati, ternyata menabung itu banyak manfaatnya.
















Kedua orangtua, terutama ibu juga memberi contoh berhemat untuk penggunaan energi, seperti mematikan lampu yang tidak dipakai, menutup keran dengan air yg telah melimpah, menggunakan telepon dengan berbicara seperlunya baik untuk menghubungi maupun menerima telepon, berjalan kaki ke sekolah karena sekolah hanya beberapa ratus meter atau sesekali boleh ikut dengan mobil ayah sekalian ayah ke kantor (ditambah alasan agar terbiasa berolahraga dari kecil sehingga tubuh kami sampai sekarang tergolong sehat dan kuat),  tidak memberi uang jajan untuk keperluan konsumtif (yang berpotensi untuk dibelanjakan secara sembarangan dan merusak kesehatan), membawa makanan sehat dari rumah, menggunakan bahan2 seperlunya jika memasak, mengajarkan memasak sendiri untuk membiasakan hidup sehat dan mandiri, mengerjakan sendiri pekerjaan2 rumah tangga walaupun orangtuaku sebenarnya cukup berada untuk menggaji pembantu (kalau ini dengan alasan agar kami punya keterampilan mengurus rumah tangga, termasuk anak lelaki di keluargaku), dan banyak lagi contoh2 hidup hemat yang sehari2 telah kami lakukan dari kecil.





























0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes