RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SD. NEGERI MANGASA
Mata Pelajaran :
Tematik
Tema :
LINGKUNGAN
Kelas/Semester :
I/II
Alokasi Waktu :
2 x 53 Menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Ø
IPS
: Mendeskripsikan lingkungan rumah.
Ø
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai
dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
Ø
Pkn : Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
II.
KOMPETENSI DASAR
Ø
IPS
: Mendeskripsikan letak rumah
Ø
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan dua
angka
Ø
Pkn : Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
III.
INDIKATOR
Ø IPS
a.
Kognitif
Proses
Menjelakan peristiwa penting yang di alami keluarga.
Produk
Menyebutkan peristiwa
penting yang di alami keluarga.
b.
Afektif
Bekerjasama dalam menyebutkan peristiwa penting yang
di alami keluarga.
c.
Psikomotorik
Terampil menyebutkan peristiwa penting yang di alami
keluarga.
Ø BAHASA INDONESIA
a.
Kognitif
Proses
Menyimak
penjelasan guru tentang petunjuk denah rumah.
Produk
Memberikan
contoh gambar denah rumah sendiri.
b.
Afektif
Karakter
Menghargai
contoh gambar denah rumah sederhana yang ada.
Sosial
Membantu
teman yang mengalami kesulitan dalam memaknai arah denah rumah.
c.
Psikomotorik
Terampil dalam
menjelaskan maksud arah denah rumah berdasarkan gambar.
Ø
Matematika
a. Kognitif
Proses
Mengurangkan
bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek
Produk
Memberikan
contoh cara mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun
pendek.
b. Afektif
Karakter
Bekerja
sama dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun
pendek.
Sosial
Membantu
teman yang mengalami kesulitan dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan
satu angka cara bersusun pendek.
c. Psikomotorik
Terampil
dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
Ø
Pkn
a. Kognitif
Proses
Menjelaskan jenis-jenis
kewajiban siswa di sekolah.
Produk
Meyebutkan jenis-jenis
kewajiban siswa di sekolah.
b. Afektif
Karakter
Bekerja
sama menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
Sosial
Membantu
teman yang mengalami kesulitan menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di
sekolah.
c. Psikomotorik
Terampil
dalam menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø IPS
a.
Kognitif
Proses
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mencatat hal-hal penting berkaitan dengan
petujuk denah rumah/gambar.
Produk
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian penting
dari denah rumah/gambar.
b.
Afektif
karakter
Siswa
bekerja sama dalam menyebutkan bagian-bagian penting dari denah rumah/gambar.
Sosial
Selam
proses pembelajaran, siswa memiliki inisiatif atau prakarsa untuk membantu
temannya yang mengalami kesulitan.
c.
Psikomotorik
Setelah di beri denah
rumah/gambar, siswa dapat mendiskusikan dengan teman kelompok tentang maksud
petunjuk denah/gambar.
Ø Matematika
a.
Kognitif
Proses
Setelah
menjelaskan penjelasan guru, siswa dapat mengurangkan bilangan dua angka dengan
satu angka cara bersusun pendek.
Produk
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat memberikan contoh mengurangkan bilangan
dua angka dengan satu angka cara
bersusun pendek.
b. Afektif
Karakter
Siswa
bekerja sama dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara
bersusun pendek.
Sosial
Membantu
teman yang mengalami kesulitan dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan
satu angka cara bersusun pendek.
c. Psikomotorik
Setelah menjelaskan penjelasan guru, siswa
dapat terampil dalam mengurangkan
bilangan dua angka dengan satu angka.
Ø
Pkn
a.
Kognitif
Proses
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan
jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
Produk
Setelah menjelaskan penjelasan guru, siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
b.
Afektif
Karakter
Selama proses pembelajaran, siswa dapat
mendengarkan penjelasan guru dengan tertib.
Sosial
Membantu teman yang mengalami kesulitan
menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
V. MATERI POKOK
Ø IPS :
Denah rumah.
Ø Matematika : operasi hitung bilangan.
Ø Pkn : Tata tertib.
VI. MOTODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
penugasan
VII. MODEL PEMBELAJARAN
·
Direct
Intruction (pembelajaran langsung)
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Penugasan
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMEBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal
·
Persiapan
belajar (berdoa, mengisi daftar hadir)
·
Memotivasi
siswa
·
Menyanyi
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
·
Guru
menjelaskan materi pelajaran
·
Guru
menampilkan media yang relevan dengan materi
·
Guru
melakukan tanya jawab tentang materi
·
Guru
memberikan tugas dan memberi bimbingan pelatihan dalam mengerjakan tugas
·
Guru mengecek
keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
·
Memberikan
umpan balik
·
Memberikan
kesempatan untuk melakukan pelatihan lanjutan
·
Memberikan
evaluasi
c.
Kegiatan Akhir
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan pelajaran
·
Pemberian
tugas
·
Pesan-pesan
moral
VIII. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Ø
Sumber
·
Buku
IPS kelas I
·
Buku Matematika kelas I
·
Buku
Pkn kelas I
Ø
Media
·
Gambar
rumah dan denah rumah.
IX. PENILAIAN
Ø Bentuk : tes tertulis
Pertanyaan
( 1 ). 25 = . . . + .
. .
( 2 ) . 27 =
. .
. + . . .
= .
. . + . . .
= .
. . + . . .
=
. .
.
= .
. .
( 3 ). 39 = . . . +
. .
.
( 4 ) . 58 = .
. . + . .
.
=
. .
. + . . .
= . . . + .
. .
=
. .
.
= . . .
( 5 ). 64 = .
. . + . .
.
=
. .
. + . . .
=
. .
.
Kunci jawaban :
( 1 ). 25 = 20
+ 5 ( 2 ). 27 = 20 +
7
= 10 + 3
= 1 0 + 1
= 13
=
11
( 3 ). 39 = 30
+ 9
( 4 ) .
58 = 50 + 8
= 20
+ 4
= 40 + 5
= 24
= 45
( 5 ). 64 = 60 + 4
=50 + 2
=52
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang di nilai
|
Skor
|
||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Sikap
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Rumus Nilai Akhir
N A =
|
X 100
|
Jumlah skor maksimal
|
Pallantikan ,
17 April 2012
Mengetahi :
Guru
Pamong Mahasiswa ppl
( Marwati )
Nip :
( Ridwan )
Nim :
Kepala sekolah
Dosen Pembimbing
( Iskandar, S. Ag ) ( Drs. H. Andi Baso, M. PDI )
Nip : Nip :
0 komentar:
Posting Komentar