Kamis, 03 Mei 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : SD. NEGERI MANGASA
Mata Pelajaran          : Tematik
Tema                          : LINGKUNGAN
Kelas/Semester          : I/II
Alokasi Waktu           : 2 x 53 Menit


I.       STANDAR KOMPETENSI

Ø  IPS                                   : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
Ø  Matematika                      : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai                                
                                           dengan dua angka dalam pemecahan masalah.     
Ø   Pkn                                  : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
                                                                                   
II.    KOMPETENSI DASAR


Ø  IPS                                   : Mendeskripsikan letak rumah
Ø  Matematika                      : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua                                    
                                           angka
Ø  Pkn                                   : Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
                                      

III.   INDIKATOR

Ø  IPS
a.       Kognitif
Proses
Menjelakan peristiwa penting yang di alami keluarga.
Produk
Menyebutkan peristiwa penting yang di alami keluarga.
b.      Afektif
Bekerjasama dalam menyebutkan peristiwa penting yang di alami keluarga.
c.       Psikomotorik
Terampil menyebutkan peristiwa penting yang di alami keluarga.

Ø  BAHASA INDONESIA
a.       Kognitif
Proses
Menyimak penjelasan guru tentang petunjuk denah rumah.
Produk
Memberikan contoh gambar denah rumah sendiri.
b.      Afektif
Karakter
Menghargai contoh gambar denah rumah sederhana yang ada.
Sosial
Membantu teman yang mengalami kesulitan dalam memaknai arah denah rumah.
c.       Psikomotorik
Terampil dalam menjelaskan maksud arah denah rumah berdasarkan gambar.
Ø  Matematika
a.       Kognitif
Proses
Mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek
Produk
Memberikan contoh cara mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
b.      Afektif
Karakter
Bekerja sama dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
Sosial
Membantu teman yang mengalami kesulitan dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
c.       Psikomotorik
Terampil dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
Ø  Pkn
a.       Kognitif
Proses
Menjelaskan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
                  Produk
                  Meyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
b.      Afektif
Karakter
Bekerja sama menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
Sosial
Membantu teman yang mengalami kesulitan menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
c.       Psikomotorik
Terampil dalam menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.

III.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Ø  IPS
a.       Kognitif
Proses
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mencatat hal-hal penting berkaitan dengan petujuk denah rumah/gambar.
Produk
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian penting dari denah rumah/gambar.
b.      Afektif
karakter
Siswa bekerja sama dalam menyebutkan bagian-bagian penting dari denah rumah/gambar.
Sosial
Selam proses pembelajaran, siswa memiliki inisiatif atau prakarsa untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan.
c.       Psikomotorik
Setelah di beri denah rumah/gambar, siswa dapat mendiskusikan dengan teman kelompok tentang maksud petunjuk denah/gambar.

Ø  Matematika
a.       Kognitif
Proses
Setelah menjelaskan penjelasan guru, siswa dapat mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
Produk
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat memberikan contoh mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka  cara bersusun pendek.
b.       Afektif
Karakter
Siswa bekerja sama dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
Sosial
Membantu teman yang mengalami kesulitan dalam mengurangkan bilangan dua angka dengan satu angka cara bersusun pendek.
c.        Psikomotorik
 Setelah menjelaskan penjelasan guru, siswa dapat terampil dalam mengurangkan       bilangan dua angka dengan satu angka.
Ø   Pkn
a.         Kognitif  
Proses
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
Produk
Setelah menjelaskan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.        
b.        Afektif
Karakter
Selama proses pembelajaran, siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan tertib.
Sosial
Membantu teman yang mengalami kesulitan menyebutkan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.

V. MATERI POKOK
Ø  IPS                  : Denah rumah.
Ø  Matematika     : operasi hitung bilangan.
Ø  Pkn                  : Tata tertib.

VI. MOTODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         penugasan

VII. MODEL PEMBELAJARAN
·         Direct Intruction (pembelajaran langsung)
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Penugasan

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMEBELAJARAN
a.      Kegiatan Awal
·         Persiapan belajar (berdoa, mengisi daftar hadir)
·         Memotivasi siswa
·         Menyanyi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan materi pelajaran
·         Guru menampilkan media yang relevan dengan materi
·         Guru melakukan tanya jawab tentang materi
·         Guru memberikan tugas dan memberi bimbingan pelatihan dalam mengerjakan tugas
·         Guru mengecek keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
·         Memberikan umpan balik
·         Memberikan kesempatan untuk melakukan pelatihan lanjutan
·         Memberikan evaluasi
c.       Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
·         Pemberian tugas
·         Pesan-pesan moral

VIII.  SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Ø  Sumber
·         Buku IPS kelas I
·         Buku Matematika  kelas I
·         Buku Pkn kelas I
Ø   Media
·         Gambar rumah dan denah rumah.

IX. PENILAIAN
Ø  Bentuk : tes tertulis

Pertanyaan

( 1 ). 25 = .  .  . + .  .  .                                                          ( 2 )  .    27  = .  .  . + .  .  .             
               12 = .  .  . + .  .  .   _                                                                  16  = .  .  . + .  .  .   _
                    = .  .  . + .  .  .                                                                             = .  .  . + .  .  .
                    = .  .  .                                                                                        = .  .  .



       

( 3 ).  39 = .  .  . + .  .  .                                                          ( 4 )  .   58 = .  .  . + .  .  .             
                15 = .  .  . + .  .  .   _                                                                 13 = .  .  . + .  .  .   _
                     = .  .  . + .  .  .                                                                           = .  .  . + .  .  .
                     = .  .  .                                                                                      = .  .  .
            
  ( 5 ).  64 = .  .  . + .  .  .                                                                 
                  12 = .  .  . + .  .  .   _                                                               
                       = .  .  . + .  .  .                                                                       
                       = .  .  . 

          Kunci jawaban :
                                                                              
         ( 1 ).   25 =  20  + 5                                                           ( 2 ).   27  = 20  + 7             
                    12 =  10  + 2  _                                                                 16  = 10  + 6     _
                         =  10  + 3                                                                           = 1 0 + 1
                         =  13                                                                                  = 11



       

   ( 3 ).  39 = 30  + 9                                                              ( 4 )  .  58 = 50 + 8               
                   15 = 10 + 5   _                                                                     13 = 10 + 3    _
                        = 20 + 4                                                                               = 40 + 5
                        = 24                                                                                     = 45
            
   ( 5 ).   64 = 60 + 4                                                                  
                    12 =10 + 2   _                                                               
                         =50 + 2                                                               
                         =52 
            

No
Nama siswa
Aspek yang di nilai
    
    Skor
    Keaktifan
        Kerjasama
  Sikap

























           
  




a.      Rumus  Nilai Akhir

N A =
X  100
      Jumlah skor perolehan      

                  Jumlah skor maksimal




Pallantikan , 17 April 2012     


             Mengetahi :

         Guru Pamong                                                                      Mahasiswa ppl
                                                                                               

                                               
           
          ( Marwati )
            Nip :                                                                                 ( Ridwan )
                                                                                                       Nim :







            Kepala sekolah                                                                 Dosen Pembimbing




             ( Iskandar, S. Ag )                                                           ( Drs. H. Andi Baso, M. PDI )
               Nip :                                                                                 Nip :

               

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes