Kamis, 07 Juni 2012

Petugas Bea Cukai Kelelahan, 351 Kg Sabu-Sabu Lolos

Jakarta, (tvOne)

Penyidik Polda Metro Jaya mendapatkan pengakuan dari salah satu petugas Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (KPUBC) Tanjung Priok, Joy Aryanto mengalami kelelahan saat lolosnya penyelundupan sabu-sabu seberat 351 Kilogram.

"Pengakuan Joy menyebutkan kelelahan saat memeriksa kardus berisi makanan ikan arwana dan keterbatasan waktu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Kamis (7/6) malam.

Rikwanto mengungkapkan bahwa Joy memeriksa paket pengiriman barang sebanyak tiga kardus dari total 300 kardus berisi makanan ikan arwana secara acak (random).

Padahal, berdasarkan ketentuan pemeriksaan secara acak, petugas minimal memeriksa 10 persen sampel dari jumlah total kardus.

Rikwanto menuturkan pihaknya akan mendalami keterangan dari para petugas bea cukai yang telah menjalani pemeriksaan, termasuk rencana mengkonfrontir para saksi.

"Hal itu untuk menemukan titik terang bagaimana proses narkoba itu bisa lolos," ujar Rikwanto.

Saat itu, penyidik kepolisian telah memeriksa tiga petugas bea cukai Budi Sulistyo dan Tri Baroto sebagai pemeriksa dokumen, serta Joy Aryanto selaku pemeriksa barang.

Rikwanto menambahkan penyidik juga akan mendalami dugaan adanya kolabborasi untuk mencapai biaya masuk yang termurah atas permintaan salah satu tersangka EWH alias J.

Rikwanto mengutarakan kepolisian akan mengungkap tuntas kasus penyelundupan narkoba itu, termasuk jika ada indikasi keterlibatan pejabat bea cukai.

Sebelumnya, petugas Polda Metro Jaya menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu seberat 351 Kg dan menangkap lima tersangka, berinisial AK, DR, MW alias A dan seorang warga Malaysia, EWH alias J, serta impotirnya, Ptr pada beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, beberapa waktu lalu.

Sabu senilai Rp702 miliar itu, dapat dikonsumsi sebanyak 35 juta orang dan akan diedarkan ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya dan Manado.

Salah satu tersangka mengaku menyelundupkan sabu dari China melalui Malaysia menuju Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta Utara.

sumber:
http://jabodetabek.tvonenews.tv/berita/view/57505/2012/06/08/petugas_bea_cukai_kelelahan_351_kg_sabusabu_lolos.tvOne

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes