Selasa, 12 Juni 2012

Tidak Hanya Bukit, Sumatera Barat juga Punya Pulau Cantik





Tidak hanya pegunungan dan perbukitan saja, Sumatera Barat juga mempunyai pulau-pulau cantik. Anda dapat menikmati hamparan pasir putih, lautan biru yang kehijauan, dan suasana pantai yang khas di Pulau Cingkuak.

Namanya mungkin kalah terkenal dengan Mentawai atau Sikuai. Akan tetapi, Pulau Cingkuak tidak kalah indah dan cantik dengan pulau-pulau tersebut. Pulau ini terletak di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Cukup tiga jam dari Kota Padang, ada keindahan yang menakjubkan menanti Anda di sana.

Untuk menuju pulau ini, Anda dapat menyewa boat dari Pantai Carocok selama 10 menit perjalanan. Biayanya cukup Rp 10.000 saja untuk pulang pergi. Jangan memejamkan mata Anda saat perjalanan. Di kiri kanan Anda terdapat lautan yang berwarna biru kehijauan. Ada juga Batu Kereta yang memiliki bebatuan karang yang berukuran besar. Dari kejauhan, pasir putih Pulau Cingkuak sudah menanti Anda.

Setibanya di Pulau Cingkuak, Anda akan langsung mendaratkan kaki di pantainya. Pasirnya sangat putih dan bersih. Lautannya pun cukup landai, sehingga Anda akan merasa nyaman berenang-renang di tepian pantainya.

Sambil berenang, hamparan lautan berwarna biru kehijauan akan meneduhkan pandangan Anda. Kabupaten PesisirSelatan memang memiliki pantai berpasir putih. Dengan pemandangan pantai yang indah, air laut berwarna biru kehijauan, dan pegunungan yang menjulang, dijamin Anda akan terkesima.

Pulau ini juga memiliki sisa-sisa peninggalan Benteng Portugis. Benteng Portugis tersebut terletak di tengah-tengah pulaunya. Pulau ini hanya berukuran sekitar 4 hektar saja, jadi Anda dapat menjelajahinya. Tembok-tembok bentengnya masih berdiri kokoh, akan tetapi banyak pulau yang tinggal batu-batu reruntuhan.

Tidak jauh dari benteng, terdapat makam yang berupa batu nisan yang besar. Tidak jelas apakah makam ini milik orang Portugis atau Belanda. Bentengnya pun sudah ditumbuhi tanaman-tanaman liar. Akan tetapi, tentu saja benteng ini menarik untuk dijadikan objek foto.

Beranjak ke bagian belakang pulau, pantainya ditumbuhi karang-karang, persis seperti Ujung Genteng di Sukabumi. Anda sesekali dapat melihat perahu nelayan yang lewat dan juga burung-burung berterbangan di angkasa. Pulau ini tidak berpenghuni, tapi jangan khawatir, ada penduduk-penduduk Pesisir Selatan yang menyediakan fasilitas berupa kamar mandi.

Lambaian pohon kelapa menjadi sajian pelengkap di pulau ini. Anda dapat menikmati pantai sepuasnya dan bermain di lautan sesuka hati. Pulau Cingkuak seolah menjadi pulau pribadi saat Anda berkunjung ke sana.

sumber:
http://travel.detik.com/read/2012/06/13/123145/1940195/1025/tidak-hanya-bukit-sumatera-barat-juga-punya-pulau-cantik

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes