Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar
Belakang
Agama memiliki peran
yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam
upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat.
Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka
internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah
keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan
keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan
Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan
mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk
mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta
bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis,
saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun
sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai
dengan jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1. lebih menitik
beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
2. mengakomodasikan
keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
3. memberiklan
kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi
dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya
pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan
metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak
beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat
penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI
bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
2. mewujudkan
manuasia Indonesia yang taat beragama
dan berakhlak mulia yaitu manusia
yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan
sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup
Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al-Qur’an dan
Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan
Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan
keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah
SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
C. Standar
Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Kelas I, semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
|
Aqidah
2. Mengenal Rukun Iman
|
2.1 Menunjukkan
ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan
enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam
Rukun Iman
|
Ahlak
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Membiasakan
perilaku jujur
3.2 Membiasakan
perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan
perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan
perilaku disiplin
|
Fiqih
4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
|
4.1 Menyebutkan
pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
|
5. Mengenal Rukun Islam
|
5.1 Menirukan
ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun
Islam
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek
pilihan
|
6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7. Mengenal dua kalimatsyahadat
|
7.1 Melafalkan
syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2 Menghafal
dua kalimat syahadat
7.3 Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Akhlak
8. Membiasakan perilakuterpuji
|
8.1 Menampilkan
perilaku rajin
8.2 Menampilkan
perilaku tolong-menolong
8.3 Menampilkan
perilaku hormat terhadap orang tua
8.4 Menampilkan
adab makan dan minum
8.5 Menampilkan
adab belajar
|
Fiqih
9. Membiasakan bersuci (thaharah)
|
9.1 Menyebutkan
tata cara berwudlu
9.2 Mempraktekkan
tata cara berwudlu
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Menghafal Al
Qur’an
|
1.1 Mengenal
huruf Hijaiyah
1.2 Mengenal
tanda baca (harakat)
|
Aqidah
2. Mengenal Asmaul
Husna
|
2.1 Menyebutkan
lima dari Asmaul Husna
2.2 Mengartikan
lima dari Asmaul Husna
|
Akhlak
3. Mencontoh
perilaku terpuji
|
3.1 Menampilkan
perilaku rendah hati
3.2 Menampilkan
perilaku hidup sederhana
3.3 Menampilkan
adab buang air besar dan kecil
|
Fiqih
4. Mengenal
tatacara wudhu
5.
Menghafal bacaan shalat
|
4.1 Membiasakan
wudhu dengan tertib
4.2 Membaca
do’a setelah berwudlu
5.1 Melafalkan
bacaan shalat
5.2 Menghafal
bacaan shalat
|
Kelas II,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
|
6.1 Membaca
huruf hijaiyah bersambung
6.2 Menulis
huruf hijaiyah bersambung
|
Aqidah
7. Mengenal Asmaul
Husna
|
7.1 Menyebutkan
lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan
lima dari Asmaul Husna
|
Akhlak
8. Membiasakan
perilaku terpuji
|
8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan
santun kepada Guru
8.2 Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
|
Fiqih
9. Membiasakan
shalat secara tertib
|
9.1 Mencontoh
gerakan shalat
9.2 Mempraktekkan
shalat secara tertib
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengenal kalimat
dalam AlQur’an
|
1.1 Membaca
kalimat dalam Al Qur’an
1.2 Menulis
kalimat dalam Al Qur’an
|
Aqidah
2. Mengenal sifat
wajib Allah
|
2.1 Menyebutkan
lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan
lima sifat wajib Allah
|
Akhlak
3. Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1 Menampilkan
perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan
perilaku tekun
3.3 Menampilkan
perilaku hemat
|
Fiqih
4. Melaksanakan shalat dengan tertib
|
1.1 Menghafal bacaan shalat
1.2 Menampilkan keserasian gerakan dan
bacaan shalat
|
Kelas III,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
5. Mengenal
ayat-ayat AlQur’an
|
5.1 Membaca
huruf Al Qur’an
5.2 Menulis
huruf Al Qur’an
|
Aqidah
6. Mengenal sifat
mustahil Allah
|
6.1 Menyebutkan
sifat mustahil Allah SWT
6.2 Mengartikan
sifat mustahil Allah SWT
|
Akhlak
7. Membiasakan perilaku
terpuji
|
7.1 Menampilkan
perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan
perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan 7.4
Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan
|
Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu
|
8.1 Menyebutkan
shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat
fardhu
|
Kelas IV,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Membaca surat-surat AlQur’an
|
1.1 Membaca QS
Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS
Al-Ikhlas dengan lancar
|
Aqidah
2.
Mengenal sifat jaiz AllahSWT
|
2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2 Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
Tarikh
3. Menceritakan
kisah Nabi
|
3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad
SAW
3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak
Nabi
Muhammad SAW
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
Fiqih
5. Mengenal ketentuanketentuan shalat
|
4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad
SAW
5.1 Menyebutkan
rukun shalat
5.2 Menyebutkan
sunnat shalat
5.3 Menyebutkan
syarat sah dan syarat wajib shalat 5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan
shalat
|
Kelas IV,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Membaca surat-surat Al Qur’an
|
6.1 Membaca QS
Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS
An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS
Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7. Mengenal Malaikat dan tugasnya
|
7.1 Menjelaskan
pengertian Malaikat
7.2 Menyebutkan
nama-nama Malaikat
7.3 Menyebutkan
tugas-tugas Malaikat
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah Nabi
|
8.1 Menceritakan
kisah Nabi Ibrahim AS
8.2 Menceritakan
kisah Nabi Ismail AS
|
Akhlak
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2 Meneladani
Nabi Ismail AS
|
Fiqih
10. Melaksanakan dzikir dan do’a
|
10.1 Melakukan
dzikir setelah shalat
10.2 Membaca
do’a setelah shalat
|
Kelas V,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1 Membaca QS
Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2 Mengartikan
QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
Aqidah
2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama kitab Allah SWT 2.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul yangmenerima kitab-kitab Allah SWT
2.3 Menjelaskan
Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
|
Tarikh
3. Menceritakan
kisah Nabi
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi Ayyub AS
3.2 Menceritakan
kisah Nabi Musa AS
3.3 Menceritakan
kisah Nabi Isa AS
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Meneladani
perilaku Nabi Ayyub AS
4.2 Meneladani
perilaku Nabi Musa AS
4.3 Meneladani
perilaku Nabi Isa AS
|
Fiqih
5. Mengumandangkan
adzan dan iqamah
|
5.1 Melafalkan
lafal adzan dan iqamah
5.2 Mengumandangkan
adzan dan iqamah
|
Kelas V,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
|
6.1 Membaca QS
Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS
Al-Maun dan Al-Fiil
|
Aqidah
7. Mengenal Rasul-
Rasul Allah SWT
|
7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul
Azmi dari para Rasul
7.3 Membedakan Nabi dan Rasul
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah Sahabat Nabi
|
8.1 Menceritakan
kisah Khalifah Abubakar RA
8.2 Menceritakan
kisah Umar bin Khattab RA
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani
perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2 Meneladani
perilaku Umar bin Khattab RA
|
Fiqih
10. Mengenal puasa
wajib
|
10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan
puasa Ramadhan
10.2 Menyebutkan hikmah puasa
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
|
1.1 Membaca QS
Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5 1.2 Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq
ayat 1-5
|
Aqidah
2. Meyakini adanya Hari Akhir
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan
tanda-tanda Hari Akhir
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal,
dan Musailamah Al Kadzab
|
3.1 Menceritakan
perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal 3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al
Kadzab
|
Akhlak
4. Menghindari perilaku tercela
|
4.1 Menghindari perilaku dengki seperti
Abu Lahabdan Abu Jahal
4.2 Menghindari perilaku bohong seperti
Musailamah Al Kadzab
|
Fiqih
5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan
|
5.1 Melaksanakan
tarawih di bulan Ramadhan
5.2 Melaksanakan
tadarrus Al-Qur’an
|
Kelas VI,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
|
6.1 Membaca QS
Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS
Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayt13
|
Aqidah
7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
7.1 Menunjukkan
contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan
keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum
Anshar
|
8.1 Menceritakan
perjuangan kaum Muhajirin
8.2 Menceritakan
perjuangan kaum Anshar
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku kegigihan
perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta
didik
9.2 Meneladani perilaku tolong-menolong
kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
Fiqih
10. Mengetahui kewajiban zakat
|
10.1 Menyebutkan
macam-macam zakat
10.2Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah
|
D. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh
Departemen Agama.
Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam
perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan
penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran
bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan
budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam
masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan
kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran
bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk
berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan
maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia Indonesia.
Standar
kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan
minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan
berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar
kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal,
regional, nasional, dan global.
Dengan
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1. Peserta didik
dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minatnya,
serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil
inteluktual bangsa sendiri.
2. Guru dapat
memusatan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar.
3. Guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menantukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya.
4. Orang tua dan
masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan
kesastraan di sekolah
5. Sekolah dapat
menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia.
6. Daerah dapat
menentukan bahan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah
dengan tetap mempehatikan kepentingan sosial.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulisan.
2. Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasapersatuan dan bahasa negara.
3. Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan.
4. Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan
memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti,
serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan
kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta
didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar
kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Mendengarkan
1. memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongen
yang dilisankan
|
1.1 Membedakan
berbagai bunyi bahasa
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
atau petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan tokoh dalam cerita
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur
sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
|
2.1.
Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
2.2. Menyapa orang
lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.3 Mendiskripsikan benda-benda di sekitar dan
fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
2.4. Mendeklamasikan
puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
Membaca
3. Memahami
teks pendek dan membaca nyaring.
|
3.1. Membaca nyaring
suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2. Membaca nyaring
kalimat sederhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Menulis
4.
Menulis permulaan dengan menjiplak,
menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
|
4.1. Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
4.3 Mencontoh huruf, kata dan kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar.
4.4. Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar.
4.5. Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf
lepas
|
Kelas I, Semester 2
Standar
kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami
wcna lisan tentang deskrripsi benda-beda disekitar dan dongeng
|
5.1. Mengulang
deskripsi tentang benda-benda di sekitar
5.2.
Menyebutkan isi dongeng
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan
sederhana, dan dongeng
|
6.1.
Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti
6.2.
Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai.
6.3.
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan
sederhana
.
6.4.
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai
dengan ekspresi yang sesuai
|
Menbaca
7.
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
|
7.1.
Membaca
lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2.
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi
yang tepat
|
Menulis
8.
Menulis
Permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
|
8.1. Menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
8.2.
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
Kelas II,
Semester 1
Standar
kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
|
1.1, Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat
sendiri isi teks pendek
1.2. Mendeskripsikan isi puisi
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran,
perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita,
dan deklamasi.
|
2.1.
Bertanya kepada orang lain dengan
menggunakan pilihan kata
yang tepat dan santun berbahasa
2.2.
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.3.
Mendeklamasikan puisi dengan
ekspresi yang tepat
|
Membaca
3. Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
|
3.1.
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca
dengan membaca lancar
3.2.
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
|
Menulis
4.
Menulis permulaan
melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
|
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata
yang tepat
4.2. Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan
penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Kelas II,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami pesan
pendek dan dongeng yang dilisankan
|
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
kepada orang lain
5.2. Menceritakan kembali isi dongeng yang
didengarnya
|
Berbicara
6. Mengungkapkan secara
lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
|
6.1.
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai
ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2.
Menceritakan kembali cerita
anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
|
Membaca
7. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca nyaring dan membaca dalam hati
|
7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi
yang tepat
7.2
Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam
hati
|
Menulis
8. Menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak
|
8.1. Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana
dengan bahasa tulis
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk
dan cerita anak yang dilisankan
|
1.1
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/saran
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan
sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata yang tepat
|
Membaca
3. Memahami teks dengan
membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
|
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat)
dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2
Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi
|
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan
yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
|
Kelas III,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Standar Kompetensi
|
Mendengarkan
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
|
5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman teman yang didengarnya
5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang
tepat dari pembacaan teks drama anak
yang didengarnya
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
|
6.1 Melakukan percakapan melalui telepon/alat
komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau
didengar
|
Membaca
7.
Memahami teks dengan membaca intensif (150200 kata) dan membaca
puisi
|
7.1 Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang
(150-200 kata) yang dibaca secara
intensif
7.2 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
8.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan
tanda titik
8.2 Menulis puisi berdasarkan gambar dengan
pilihan kata yang menarik
|
Kelas IV,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan tentang
petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
|
1.1
Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau
tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
|
Berbicara
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat
sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
|
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah
atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan
benar
|
Membaca
3. Memahami teks agakpanjang (150-200
kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang
(150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2
Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi secara
tepat dalam kamus/ensiklopedi
melalui membaca memindai
|
Kelas IV,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan
pantun
|
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan
intonasi yang tepat
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon
|
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi
yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui
telepon sesuai dengan isi pesan
|
Membaca
7. Memahami teks melalui
membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca
intensif
7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan
lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam
bentuk karangan, pengumuman, dan
pantun anak
|
8.1 Menyusun
karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik
dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang
berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan
ciri-ciri pantun
|
Kelas V,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.1
Menanggapi penjelasan narasumber
(petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan
santun berbahasa
1.2
Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang
didengarnya
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat,
perasaan, fakta secara lisan dengan
menanggapi suatu persoalan,
menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
|
2.1 Menanggapi
suatu persoalan atau peristiwa dan
memberikan saran pemecahannya
dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
2.3 Berwawancara sederhana dengan
narasumber (petani, pedagang, nelayan,
karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Membaca
3. Memahami teks dengan
membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan
membaca puisi
|
3.1 Membaca
teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata per
menit
3.3 Membaca
puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman
dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara
agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan
memperhatikan penggunaan ejaan
4.3 Menulis dialog
sederhana antara dua atau tiga tokoh
dengan memperhatikan isi serta perannya
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu
peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
|
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh,
tema, latar,Amanat)
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran
dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang
mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7. Memahami teks dengan
membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca
sekilas
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari
berbagai
teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar
susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca
memindai
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam
beberapa kalimat
|
Menulis
8. Mengungkapkan ikiran, perasaan,
informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan,
dan puisi bebas
|
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan
berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata
yang tepat
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami teks dan cerita anak yang
dibacakan
|
1.1
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar,
tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Berbicara
2. Memberikan informasi dan tanggapan
secara lisan
|
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang
runtut, baik dan benar
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca intensif
dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Menanggapi informasi dari
kolom/rubrik khusus (majalah anak,
koran, dll.)
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan parafrase
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
riwayat hidup, dll.) dengan benar
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca
atau yang didengar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah puisi ke
dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan tentang
berita dan drama pendek
|
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau
radio
5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dengan berpidato, melaporkan
isi buku, dan baca puisi
|
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai
keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
6.2 Melaporkan isi buku
yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat
yang runtut
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7. Memahami teks dengan
membaca intensif dan membaca teks drama
|
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks
melalui membaca intensif
7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita,
dan amanat) dari teks drama anak
s
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran
dan informasi secara
tertulis dalam bentuk naskah pidato
dan surat resmi
|
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan
(perpisahan,
ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan
pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
A. Latar
Belakang
Bahasa
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua
bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal
dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga
membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi
dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang ada dalam dirinya. Bahasa
Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis.
Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan,
dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan
berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni
kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang
direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan,
berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan
untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh
karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan
keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan
berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat
literasi mencakup performative, functional,
informational, dan epistemic. Pada tingkat performative,
orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol
yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa
untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual
atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses
pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic
orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Sehubungan
dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi
SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal.
Kompetensi lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang
bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di
tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam
bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.
Pendidikan
bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa
yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action.
Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”.
Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi.
Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan
dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang
merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language
accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan
pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat
global
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa
Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam
konteks sekolah, yang meliputi aspekaspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
ketrampilan menulis dan membaca
diarahkan untuk menunjang pembelajaran
komunikasi lisan.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
|
1.1 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks
kelas
1.2 Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
|
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri,
memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi abaaba
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih,
meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse
me
|
Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
|
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan
alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
3.2 Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
|
Menulis
4 Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat
dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan
kalimat sangat sederhana
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
|
Kelas IV,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam
konteks kelas
|
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan
sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam
berbagai permainan
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
|
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
sederhana secara berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh
melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
meminta barang, memberi barang
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin,
memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan
6.5 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse
me
|
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
|
7.1 Membaca
nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana
7.2 Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
|
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
seperti ucapan selamat dan pesan tertulis
|
Kelas V,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh
melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri,
mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan
melarang
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan Shall we …
|
Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan,
tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2 Memahami kalimat, pesan tertulis dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Menulis
4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
4.1 Mengeja kalimat sangat sederhana
secara tepat dan berterima
4.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima
kasih, dan undangan
|
Kelas V,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
5.1 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi
aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi,
memberi pendapat, dan meminta kejelasan
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: do you mind ... dan Shall we
|
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan,
tekanan, dan
intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat
sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
7.2 Memahami kalimat, pesan tertulis dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Menulis
8. Mengeja dan menyalin kalimat sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
8.1 Mengeja kalimat sangat sederhana
secara tepat dan berterima
8.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat
sederhana
secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat seperti:
ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara
tindakan maupun bahasa dalam konteks
sekitar peserta didik
|
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
1.3 Memahami cerita lisan secara berterima
dengan bantuan gambar
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar
peserta didik
|
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh
melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan,
menyatakan suka / tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi
komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan:Would you plese ... dan May I
...
|
Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
3.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek
sangat seder-hana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
s3.2 Memahami teks deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
dalam konteks sekitar peserta didik
|
4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat
sederhana secara berterima
4.2 Menulis kartu-kartu ucapan sangat
sederhana secara berterima
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa dalam
konteks sekitar peserta didik
|
5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat
sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di
dalam dan luar kelas
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat
sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai
permainan
5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana
dengan bantuan gambar
|
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekitar
peserta didik
|
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutu: memberi contoh
melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutu: meminta bantuan,
memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan
perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta
kejelasan
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapa: Would you please ... dan May I
...
|
Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
7.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek
sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
7.2 Memahami teks deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
7.3 Memahami
teks naratif bergambar sangat
Sederhana
|
Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
dalam konteks sekitar peserta didik
|
8.1 Menulis teks fungsional pendek sangat
sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik
8.2 Menulis kartu-kartu ucapan sederhana
secara berterima
|
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
1 komentar:
Great... You did your best..
Posting Komentar